Mengapa Disebut Stasiun Beos? Inilah Stasiun Kereta di Jakarta Kota Ini Punya Asal Usul Nama yang Menarik Perhatian, Simak Kisah Ceritanya di Sini!

Mengapa Disebut Stasiun Beos? Inilah Stasiun Kereta di Jakarta Kota Ini Punya Asal Usul Nama yang Menarik Perhatian, Simak Kisah Ceritanya di Sini!

Ilustrasi Kereta Api-WikiImages / 1174 images/pixabay-

Namun, takdir berkata lain pada tahun 1926 ketika Stasiun Beos harus menjalani masa renovasi besar-besaran, mengubahnya menjadi wajah yang kian memukau.

Dengan waktu dan dedikasi, Stasiun Beos akhirnya bertransformasi. Bangunan yang megah dengan 12 jalur kereta api siap menyambut perjalanan ribuan penumpang setiap harinya.



Menariknya, meski diberi gelar Stasiun Jakarta Kota, tetapi masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan yang akrab, Stasiun Beos.

Baca juga: MAKIN SERU! Baca Quest Supremacy Chapter 99 100 SUB INDO - UPDATE Manhwa QUESTISM 99 ENG RAW CEK

Baca juga: STREAMING SEKARANG! Nonton Masamune-kun's Revenge R Episode 6 Subtitle Indonesia – Makabe dan Aki Bertengkar?



×

Ternyata, sebutan "Beos" tak sekadar julukan sembarangan. Saat menggali jejak sejarah, kita akan menemukan bahwa Stasiun Beos merupakan singkatan dari masa lampau.

Di era Hindia Belanda, stasiun ini memiliki nama lengkap Bataviasche Ooster Spoorweg Maatschappij yang secara harfiah berarti Maskapai Jalur Kereta Api Timur Batavia.

Namun, nama bukanlah satu-satunya hal yang berubah seiring waktu. Dalam perjalanan panjangnya, Stasiun Beos juga pernah dikenal dengan nama Batavia Zuid yang menggambarkan lokasinya di selatan Batavia.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm