Misteri Jembatan Unik di Jawa Timur! Sejarah Panjang Usia Ratusan Tahun, Lokasinya 40,1 Km dari Pasuruan! Dibangun Menggunakan Bahan Lain?

Misteri Jembatan Unik di Jawa Timur! Sejarah Panjang Usia Ratusan Tahun, Lokasinya 40,1 Km dari Pasuruan! Dibangun Menggunakan Bahan Lain?

Ilustrasi jembatan-12019 /pixabay-

Pertanyaan pun muncul, berapa usia sebenarnya jembatan unik ini? Ternyata, jembatan ini sudah berusia 141 tahun.

Dibangun pada tahun 1881 dan selesai pada tahun 1882, masa penjajahan Belanda, jembatan ini telah menjadi saksi bisu berbagai peristiwa sejarah.



Jembatan Talang Abang terletak di Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Rencana Pembuatan Proyek Bandara Megah Seluas 1.500 Hektar di Kawasan Hutan Lindung Kepri, Apakah Batam Siap?

Baca juga: Transformasi Luasnya 1.500 Hektar Dari Kawasan Hutan Lindung ke Megahnya Bandara di Kepri, Apa Lokasinya di Riau atau Batam?



×

Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Malang, hanya sekitar 47 Km, atau sekitar 40,1 km dari Kota Pasuruan, perjalanan kurang lebih 47 menit.

Pembangunan jembatan ini sangat istimewa. Meskipun tidak menggunakan besi dan semen, bangunan ini tetap berdiri kokoh.

Rahasianya terletak pada penggunaan serbuk gilingan batu bata merah, pasir, dan kapur putih sebagai pengganti semen untuk merekatkan bangunan. Proyek ini dipimpin langsung oleh seorang insinyur asal Inggris, Joseph Apsdin.

Sayangnya, Jembatan Talang Abang pernah beberapa kali dilanda banjir, dan itulah mengapa saat ini warnanya nampak merah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm