Transformasi Lahan Bekas Organisasi Rahasia Zaman Hindia Belanda di Jawa Timur Kini Menjadi Mall Terbesar di Indonesia, Benarkah Sisa Masa Jajahan Dulu?

Transformasi Lahan Bekas Organisasi Rahasia Zaman Hindia Belanda di Jawa Timur Kini Menjadi Mall Terbesar di Indonesia, Benarkah Sisa Masa Jajahan Dulu?

Ilustrasi mall -tragrpx/pixabay-

Tunjungan Plaza, mall megah yang merupakan milik PT Pakuwon Jati Tbk adalah hasil dari perubahan menakjubkan tersebut.

Mall ini terdiri dari beberapa bagian, yakni TP1, TP2, TP3, TP4, TP5, dan TP6, yang masing-masing memiliki gedung megah yang menjulang ke langit dan saling terhubung.



Namun, keindahan dan megahnya Tunjungan Plaza tentu tidak lepas dari biaya pembangunannya yang besar.

Baca juga: Inilah Kabar Terbaru! Dana Sebesar Rp10 Triliun Dialokasikan untuk Mengubah Hutan di Papua Menjadi Bandara Rute Luar Angkasa Pertama di ASEAN, Ternyata?

Baca juga: Pecah Rekor! Tepat di Kalimantan Tengah Punya Lahan Seluas 460 Lebih Hektar Ini Menghasilkan Sawit Terbesar, Perkiraan Berapa Jumlah dalam Sekali Panen?



×

Pembangunan TP5 dan TP6 saja menghabiskan dana sebesar Rp1,2 triliun, dan ini tentu menjadi sebuah pencapaian luar biasa.

Kisah dari lahan rahasia yang bertransformasi menjadi Tunjungan Plaza, mall terbesar di Indonesia, sungguh memukau.

Di balik gemerlapnya pusat perbelanjaan ini tersimpan potongan sejarah yang menarik, dari pengaruh Barat hingga keberanian Freemason dalam mendirikan markas mereka.

Sebuah cerita yang membuktikan bahwa dalam perubahan lahan yang mengagumkan, terkadang ada rahasia yang tak terduga yang menambah warna kehidupan kita.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm