Mengungkap Kisah Jembatan Langka Tanpa Bahan Besi dan Semen di Jawa timur, Tempuh Kurang Lebih 3 Jam dari Pasuruan! Benarkah Sudah Ada Selama Berabad-abad Ini?

Mengungkap Kisah Jembatan Langka Tanpa Bahan Besi dan Semen di Jawa timur, Tempuh Kurang Lebih 3 Jam dari Pasuruan! Benarkah Sudah Ada Selama Berabad-abad Ini?

Ilustrasi jembatan-FrankWinkler/pixabay-

Walau tanpa menggunakan semen dan besi sebagaimana standar pembangunan jembatan pada umumnya, jembatan ini memiliki sejarah yang mengagumkan, telah berdiri kokoh selama ratusan tahun.

Tak percaya? Jembatan ini sudah berusia 141 tahun, terhitung sejak dibangun pada tahun 1881 dan selesai pada tahun 1882, saat masa penjajahan Belanda.



Jembatan yang dikenal dengan nama Jembatan Talang Abang ini berlokasi di Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Explore Keindahan Bengkulu, Temukan 5 Daerah dengan Suhu Terendah, Nomor 1 Bikin Mengejutkan Jagat Raya!

Baca juga: Transformasi Luasnya 1.500 Hektar Dari Kawasan Hutan Lindung ke Megahnya Bandara di Kepri, Apa Lokasinya di Riau atau Batam?



×

Baca juga: Dibabat Jadi Bandara! Hutan Lindung Kepri dengan Seluas 1.500 Hektar Akan Berubah Menjadi Bangunan Megah Internasional di Batam!

Dengan jarak sekitar 47 kilometer dari Kota Malang dan sekitar 40,1 kilometer dari Kota Pasuruan, perjalanan menuju jembatan ini memakan waktu sekitar 47 menit.

Uniknya, Jembatan Talang Abang bukan hanya mencuri perhatian karena bahan pembuatannya yang tidak konvensional, tetapi juga karena pengganti yang cerdik digunakan untuk merekatkan struktur bangunan.

Batu bata merah, pasir, dan kapur putih digunakan sebagai adonan pengganti semen. Ironisnya, insinyur yang memimpin pembangunan jembatan ini berasal dari Inggris, yakni Joseph Apsdin.

Sumber:

BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

gzm